Cara Paling Mudah Membuat Resep Cakwe Renyah Gurih Nikmat

Cara Mudah Membuat Resep Cakwe Renyah Gurih Nikmat Sederhana - Bagi soba mungkin sudah tidak asing lagi dengan cemilan yang satu ini, cakwe adalah cemilan yang sangat populer dan banyak diminati oleh para pecinta atau hobi mengemil. Siapa sangka sebenarnya nama asli dari cemilan cakwe ini yaitu Yu Tiao, hanya saja nama Yu Tiao kurang lebih dikenal dikalangan orang atau bahkan masyarakat. Kalau dengan nama cakwe anda pasti tau kan? hehe :) apa mungkin anda salah satu penikmat makanan ini? hehe :). Banyak sekali sebenarnya dari aneka macam jenis makanan ini, diantaranya cakwe mini, cakwe isi udang, cakwe bubur dan masih banyak lagi. Namun yang paling populer dari aneka macam jenis cakwe tadi yaitu Resep Cakwe Goreng Renyah Gurih Nikmat ini yang membuat lidah setiap orang yang memakannya bisa ketagihan ingin lagi dan makan lagi hehe :).

Mungkin anda sudah mengenal cakwe dengan bentuk yang seperti ini saja, cukup digoreng dengan model agak bundar memanjang lalu di dalamnya terdapat rongga. Banyak pedagang cakwe yang sering kita temukan di pinggir-pinggir jalan biasanya cakwe selalu ditemani dengan sedikit saus encer untuk pelengkapnya agar lebih nikmat pada saat dimakan. Aneka makanan ini sebenarnya bisa dikombinasikan dengan berbagai varian yang lebih menarik lagi seperti, cakwe coklat, mayonise, keju dan lain sebagainya. karena yang sudah terkenalnya cakwe goreng saja, baik lah pada pertemuan kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana Cara Membuat Resep Cakwe Renyah Gurih Nikmat Sederhana.

Dengan rasa yang renyah, gurih dan nikmat serta dari segi harganyapun yang sangat murah meriah sekali menjadikan makanan atau cemilan ini sebagai makanan yang tidak hanya enak untuk dimakan namun juga pas untuk kantong kita yang sedang kanker (kantong kering) hehe :). Cara membuat cakwe ini terbilang cukup mudah dilakukan, barangkali setelah membaca artikel ini anda tertarik dan ingin membuatnya sendiri dirumah, silahkan anda catat dan ikuti langkah-langkah berikut.

RESEP CAKWE GORENG RENYAH EMPUK | Hnazarian ..., Cara Mudah Membuat Resep Cakwe Renyah Empuk, Resep Membuat Cakwe Renyah dan Empuk dengan Cepat ...,

Resep Kue Cakwe

Cara Paling Mudah Membuat Resep Cakwe Renyah Gurih Nikmat

Bahan-bahan :

  • 250 gr tepung terigu berkualitas baik
  • 3-4 sdt garam beryodium halus
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 200 ml air bersih
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan cakwe nanti

Bahan Saus :

  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt garam beryodium
  • 175 ml air bersih matang
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Saus sambal secukupnya
  • Saus tomat secukupnya

Cara Membuat Saus

  1. Tumis bawang putih yang sudah dihaluskan tadi, kemudian masukkan saus sambal dan saus tomat.
  2. Tambahkan sedikit air matang, lalu masukkan garam, gula pasir dan penyedap rasa secukupnya. Masak hingga mendidih dan matang.
  3. Kemudian angkat dan masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit. Selesai.

Cara Membuat Cakwe

  1. Ambil satu wadah cukup besar. Masukkan garam, baking soda dan baking powder, aduk-aduk sampai semua bagian tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigu, campur sampai rata dan tidak ada gumpalan-gumpalan.
  3. Tuangkan air bersih, aduk semua bahan hingga tercampur rata dan kalis. Diamkan kurang lebih selama 15-20 menit.
  4. Sesudah di diamkan. Aduk dan uleni adonan dari pinggir ke tengah sampai tercampur rata. Diamkan lagi selama 20 menit.
  5. Ulangi proses ini 3-4 kali sampai adonan kue cakwenya menjadi elastis dan bisa mudah dibentuk.
  6. Balik adonan yang sudah elastis dan beri sedikit minyak goreng diatas permukaanya. Hal ini dilakukan agar adonan kuenya tetap lembab. Diamkan lagi kurang lebih selama 1 jam.
  7. Masukkan adonan diatas kedalam plastik yang bersih. Kemudian diamkan lagi didalam plastik kurang lebih selama 3-4 jam.
  8. Keluarkan adonan dan giling/tekan adonan dengan botol atau kayu. Tekan adonan hingga agak tipis dengan ukuran 0.5 - 1 cm, lebar 2-3 cm dan panjangnya 5-6 cm. Jangan lupa tempatnya diberi dengan sedikit minyak goreng atau tepung agar adonan tidak lengket.
  9. Rekatkan dan tempel 2 potongan adonan dengan air. Tekan bagian tengah sambungannya menggunakan sumpit dari atas ke bawah. Hati-hati pada saat menekan dan jangan sampai putus.
  10. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng dengan api sedang kecil, tunggu sampai minyak benar-benar panas. Jangan lupa sebelum digoreng, tarik adonan terlebih dahulu sampai memanjang.
  11. Goreng sambil dibolak-balik sampai berubah warna kuning kecoklatan dan matang. Angkat, selesai sudah.
  12. Sajikan dan hidangkan.
Seperti itulah tutorial Cara Paling Mudah Membuat Resep Cakwe Renyah Gurih Nikmat semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat, sedikit saran dari saya bila anda yang tidak mempunyai banyak waktu luang dirumah, karena proses membuat cakwe ini cukup lama. Sebaiknya cukup dengan cara membeli saja di pedagang pinggir-pinggir jalan deket rumah kita. Tetapi bagi anda yang suka memasak dan punya waktu luang dirumah, mungkin salah satu kegiatan ini adalah kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang anda dirumah atau bahkan kepikiran kegiatan ini bisa menjadi lahan usaha anda untuk mendapatkan penghasilan hehe :).
Terima kasih sudah berkunjung, selamat mencoba dan semoga sukses.

Postingan terkait: