Kisah! Celaka Akibat Minuman Keras Yang Merusak Iman

Kisah! Celaka Akibat Minuman Keras Yang Merusak Iman | Putrymala blogs - Kisah inspirasi dan motivasi hidup, agar kita semua umat muslim jangan mudah terpengaruh oleh tipu daya Iblis. Ini dia cerita islami yang berjudul Kisah! Celaka Akibat Minuman Keras Yang Merusak Iman.
Semoga kisah ini dapat menjadi renungan bagi kita semua, selamat membaca !

Barshiha adalah seorang ahli ibadah yang terkenal keshalehannya. Selama 200 tahun dalam kehidupannya tak pernah berbuat maksiat, meski hanya sekejap. Di ceritakan pula, berkat ibadah dan kealiman Barshiha sampai-sampai para malaikat pun kagum terhadap hamba Allah yang satu ini.
"Apa yang kau herankan terhadapnya. Sesungguhnya aku lebih mengetahui apa yang kamu ketahui. Dan sesungguhnya Barshiha adalah dalam pengetahuan-Ku" kata Allah atas kekaguman malaikat kepada Barshiha.

Di akhir hayatnya, Barshiha yang terkenal karena alimnya itu berbalik menjadi kafir dan masuk neraka untuk selama-lamanya hanya karena minuman khamr (minuman keras). Iblis yang mendengar ramalan itu merasa menemukan kunci kelemahan Barshiha. Dan memang pekerjaan iblislah untuk menggoda manusia agar masuk neraka bersama-sama mereka. Maka datanglah iblis ke biara barshiha dengan menyamar sebagai seorang manusia yang alim dengan menggunakan pakaian zuhudnya berupa kain tenun.

"Siapa kau ini?" tanya Barshiha, "dan apa keperluanmu?"
"Aku adalah hamba Allah yang datang untuk menolongmu dalam penyempurnaan mengabdi dan menyembah Allah, " jawab iblis.
"Siapa yang hendak mengabdi dan beribadah kepada Allah, hanya Allah yang menolong dan buikan dirimu," kata Barshiha dengan hati yang mantab.

Merasa mangsanya tak termakan oleh bujuk rayunya, iblis melancarkan cara lain. Selama tiga hari tiga malam, iblis menyembah Allah tanpa makan dan minum. Melihat tamunya beribadah sekhusyuk itu, hati Barshiha mulai goyah. Dia sangat kagum atas kekhusyukan tamunya itu yang terus menerus beribadah selama tiga hari tiga malan tanpa tidur, makan dan minum sedikit pun.

"Bagaimana dia bisa melakukannya. Sedangkan aku yang seperti ini masih tetap memerlukan tidur, makan dan minum bila beribadah kepada Allah," suara mengusik di dalam hatinya.
Di dorong rasa penasaran Barshiha lalu bertanya kepada tamunya, bagaimana di bisa beribadah sampai sedemikian rupa?
"Aku pernah berbuat dosa, bila teringat dosaku itu aku menjadi tak bisa makan, minum dan tidur, "kata iblis itu mulai melancarkan muslihatnya.
"Bagaimana caranya agar aku bisa beribadah seperti dirimu? " tanya Barshiha yang mulai terpikat oleh taktik iblis itu.

Melihat mangsanya mulai masuk dalam perangkapnya, iblis lalu menyarankan agar Barshiha sekali waktu melakukan perbuatan maksiat kepada Allah, dan kemudian bertobat kepada-Nya. Dengan demikian, Barshiha akan dapat merasakan kenikmatan beribadah setelah mengenang dosanya.

"Apa yang harus ku kerjakan lagi?" tanya Barshiha lagi. Benteng keimanannya semakin goyah.
"Berzina!" jawab iblis spontan.
"Itu tidak mungkin! Aku tak akan melakukan perbuatan maksiat itu. Sungguh suatu dosa besar!" sahut Barshiha.
"Jika tak mau melakukan itu, membunuh orang saja. Bagaimana?" ujar iblis itu.
"Tidak! Aku tak berani melakukannya. Perbuatan itu sangat di kutuk Allah!"
"Bagaimana kalau minum khamr (minuman keras), yang dosanya lebih ringan?" desek iblis semakin gencar melakukan godaannya.
"Aku memilih minum khamr saja. Tapi, dimana aku akan mendapatkannya?" tanya Barshiha yang telah termakan oleh bujukan iblis itu.
"Pergilah ke desa ini," ujar iblis menunjukkan nama dan tempat yang di maksud.

Atas saran iblis itu, pergilah Barshiha menuju desa yang di maksud. Di sana ia bertemu dengan seorang perempuan cantik yang berjualan khamr. Ia membelinya dan langsung meneguknya. Karena tak biasa minum-minuman keras barshiha menjadi mabuk, ia kehilangan kontrol. Dengan nafsu ia memaksa perempuan penjual khamr untuk diajaknya berzina. Dan di saat ia memperlosa perempuan itu, suaminya datang memergokinya. Barshiha menjadi takut dan bingung, dengan gelap mata di pukulnya suami perempuan penjual khamr itu hingga tewas.

Saat Barshiha kepayahan, iblis yang menyamar sebagai orang yang alim itu berubah menjadi orang biasa. Ia melaporkan peristiwa itu ke pengadilan dan barshiha sebagai terdakwanya. Oleh pengadilan barshiha di jatuhi hukuman cambuk 80 kali karena minum khamr (minuman keras), dan 100 kali hukuman cambuk berbuat zina atau memperkosa. Sedangkan karena membunuh suami perempuan penjual khamr, Barshiha di jatuhi hukuman gantung sebagai ganti darah. Saat Barshiha di gantung, datanglah iblis menghampirinya.

"Bagaimana keadaanmu, Barshiha?" tanya iblis.
"Siapa yang mengikuti ajakan orang jahat beginilah akibatnya," jawab Barshiha menyesali diri.
"Selama 200 tahun aku telah berupaya untuk menggodamu sampai berhasil hari ini dan hingga kau di gantung. Aku dapat menolongmu, menurunkan dirimu dari tiang gantungan itu, tapi ada syaratnya..." kata iblis itu, yang masih saja berusaha memperdaya korbannya.
"Apa syaratnya?" tanya Barshiha.
"Kau harus bersujud kepadaku."
"Bagaimana aku bisa bersujud kepadamu, sedangkan leherku terikat di tali gantungan?" ujar Barshiha yang sudah kehilangan benteng keimanannya.
"Tak perlu susah payah. Cukup kau bersujud dan beriman kepadaku dalam hati saja," kata iblis.

Tanpa pikir panjang lebar lagi Barshiha bersujud dalam hatinya menurut saran iblis. Sesaat setelah Barshiha bersujud dalam hatinya, maka matilah Barshiha dalam kekafiran menyembah iblis. Masya Allah!
Hukum Minuman Keras dalam Islam & Mengapa ... - Fath102, CERPEN | AKIBAT MINUMAN KERAS | Julomde Notes, Miras, Uniknya Saat Mabuk - KOMPASIANA.com, Minuman Keras dan bahaya mengonsumsinya | KhairulAnam,

Stop Miras

Hukum Minuman Keras dalam Islam & Mengapa ... - Fath102, CERPEN | AKIBAT MINUMAN KERAS | Julomde Notes, Miras, Uniknya Saat Mabuk - KOMPASIANA.com, Minuman Keras dan bahaya mengonsumsinya | KhairulAnam,

Gambar. Kisah Barshiha


Iblis punya seribu satu cara untuk menggoda manusia. Ia tak akan mundur memburu mangsanya sebelum berhasil. Makin teguh iman yang di bujuknya, semakin canggih pula cara yang di tempuhnya. Dengan ke uletan iblis itu, jatuh pula lah benteng keimanan barshiha, manusia alim yang tiada tara.

Demikianlah singkat cerita yang bisa saya paparkan pada postingan ini tentang Kisah! Celaka Akibat Minuman Keras Yang Merusak Iman. Semoga cerita tadi dapat menjadikan motivasi untuk kita semua supaya tidak terjerumus ke dalam neraka jahanam yang sangat mengerikan sekali. Terima kasih sudah berkunjung.

Postingan terkait: