Resep Cara Membuat Sambal Terasi Pedas Nikmat Bikin Ketagihan

Resep Cara Membuat Sambal Terasi Pedas Nikmat Bikin Ketagihan - Sambal merupakan menu pelengkap untuk menemani lauk pauk disaat kita sedang makan dan biasanya sambel ini ditemani dengan aneka berbagai macam lalapan seperti timun, kol, kacang panjang dan sebagainya. Tentu dengan adanya sambal bisa menambah napsu makan kita, karena sambal adalah warisan kuliner khas indonesia yang sudah sangat terkenal sekali diseluruh nusantara.

Banyak berbagai macam sambal di indonesia, namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Sambal terasi. Siapa sih yang tidak tau dengan sambal yang super lezat dan enak ini? apa mungkin anda adalah sebagian dari penggemarnya yah hehe :). Di indonesia khususnya dibagaian pulau jawa, sambal terasi ini sudah sangat terkenal sekali bahkan bisa dikatakan juga sebagai menu wajib yang harus ada di meja makan, karena rasanya yang pedas nikmat bisa membuat lidah orang ketagihan ketika mencicipi sambal ini.

Untuk menghasilkan sambal yang super nikmat tentu kita harus memperhatikan perpaduan takaran yang pas antara pedas, asin dan manis. Silahkan barangkali anda berminat untuk mencobanya sendiri dirumah agar lebih jelasnya langsung saja ikuti langkah-langkah Cara Membuat Sambal Terasi Pedas Nikmat Bikin Ketagihan dibawah ini.
Resep Cara Membuat Sambal Terasi Yang Enak dan Lezat, Resep Sambal Terasi Enak Banget - Kokim Ganteng, Rahasia Cara Meracik Resep Sambal Terasi Pedas Dan Enak,

Sambal Terasi

Resep Cara Membuat Sambal Terasi Pedas Nikmat Bikin Ketagihan

Bahan-bahan :

  • 10 buah cabai merah besar
  • 15 cabai rawit merah
  • 2 sdt terasi matang
  • 1 sdm gula merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menumis)

Cara Membuat Sambal Terasi :

  1. Langka pertama yang harus dilakukan yaitu cuci sampai bersih bawang merah, putih, cabai rawit dan cabai merah.
  2. Kemudian siapkan wajan, panaskan minyak goreng untuk menumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah dan juga terasi. Goreng sampai layu, ingat jangan sampai gosong, lalu angkat.
  3. Kemudian siapkan ulekan. Masukkan semua bahan yang sudah digoreng, lalu tambahkan garam dan juga gula merah.
  4. Ulek semua bahan sampai menjadi sambal. Gunakan blender jika membuat sambal dalam porsi banyak.
  5. Langkah terakhir yaitu cicipi sambal tersebut, sekiranya sudah pas di lidah anda. Sajikan dan hidangkan.
Itulah tadi informasi seputar Resep Cara Membuat Sambal Terasi Pedas Nikmat Bikin Ketagihan. Sedikit tips dari saya, membuat sambal yang enak itu memang tidak mudah. Namun yang perlu diperhatikan adalah takaran bumbu-bumbu penyedap seperti gula merah dan garam yang pas dan seimbang. Maka sebaiknya cicipi terlebih dahulu sambal sebelum di hidangkan, bila sudah cocok dan pas di lidah. Baru sajikan dan hidangkan. Mungkin hanya itu saja berbagi pengalaman dari saya semoga artikel ini dapat menjadi panduan anda. Terima kasih sudah berkunjung, selamat mencoba semoga berhasil.

Postingan terkait: